Pages

Sunday, February 6, 2011

Greendland~

Mungkin aku log nya telat... hahaha. ini kisah 10 oktober 2010, dan aku memasukkan beritanya ke blog di awal bulan Februari!

Ya, apa yang saya lakukan? pada tanggal 10 Oktober 2010, orang orang pada ribut semua. Tentu, ini tanggal cantik. 10-10-10... dan kakakku, si anak pertama dari keluargaku, lahir pada tanggal ini. Tahun ini dia genap berusia 25 tahun.

Sebagai orang yang sudah bergelar 'om om' dan sudah bekerja, dia masih butuh surprise lah. Haha. Maka aku dan adikku, berencana membuat kue ultah sederhana untuk menunjukkan rasa sayang dan terima kasih kami karena selama ini sudah membantu finansial (halah) kami... :p

Kali ini aku bikin kue cake kukus resep modifikasi. Jadi kalau mau cari resepnya di semua buku masakan, nggak akan ada. Hehehe... aku memang suka masak, dan kadang berinovasi dengan resep itu. Nasi goreng aja aku tambahi kayu manis, apalagi kue? mungkin kutambah cacing.. we... kidding. hehe. Tapi ini resep modifikasi dari kue kukus x-mas pandan karya Lenny Jusup. Terima kasih untuk cc Lenny yang berbagi resep enak dan mudah.

Ini aku beri nama Cake Pandan Green-Jelly-Land... simpel dan enak, nggak ribet. Kuenya juga dikukus, jadi bagi keluarga yang tidak punya oven (ato malas pakai oven seperti saya) ini patut dicoba.

Ada sedikit kesulitan saat menulis Happy B'day. Aku melakukan kesalahan.. cake aku lapisi dengan siraman jelly. Setelah mengeras, permukaannya licin!! Sehingga saat aku menulis dengan coklat putih leleh, hasilnya tidak memuaskan. Tulisannya tidak mau menyatu dengan jelly... dia malah memisah dan tidak rapi. Huff... yasudahlah, yang penting tertulisi. Sehingga tahu kue itu ditujukan untuk siapa. Kalau tidak ada tulisannya, bisa saja kue itu untuk sajen kunti... *halah*

Sayangnya kakakku masih pergi dengan teman-temannya saat itu, seteah kuenya selesai. Jadinya kami menunggu dengan sabar hingga dia pulang. Alhamdulillah kakak menyukainya. Haha.

dan berikut ini resep Cake Pandan Green-Jelly-Land... ^^


bahan I
150 gr tepung terigu
50 gr maizena
100 gr susu bubuk
1 sdt baking powder

bahan II
150 gr mentega, cairkan
100 gr coklat masak putih, potong2
1 sdt pasta pandan
1 sdt pewarna hijau

bahan III
6 butir telur ayam
200 gr gula pasir halus
1 sdt tbm

jelly-coat~
1 pack nutrijell melon
3 gelas air
1/2 gelas gula pasir
3 sendok makan susu kental manis putih


caranya...
1. campur bahan I jadi satu, sisihkan dulu. smentara itu,tim bahan II kecuali pasta dan pewarna. setelah meleleh, baru masukkan pasta dan pewarna pada adonan mentega-coklat. aduk rata.

2. kocok bahan III hingga menggembang. biasanya adonan jadi putih pucat. lalu masukkan bahan I (tepung2 dan susu), aduk rata. kalau sudah, masukkan bahan II (pasta hijau mentega-coklat)

3. tuang 1/2 adonan ke dalam cetakan, bisa bundar atau kotak, atau hati. haha. jangan lupa mengolesi dengan margarin tipis di cetakan tersebut. kukus hingga matang,sisihkan.

4. bersihkan loyang, lpisi dengan margarin tipis, lalu kukus sisa adonan hingga matang. sisihkan.

5. masak bahan jelly coat selagi menunggu kue menjadi dingin! adonan dicampur dan dimasak hingga mendidih. setelah itu, tunggu hingga sedikit berkurang panasnya. ambil dengan menggunakan penyedok sayur (hehe~) dan siramkan ke atas kue. jelly akan langsung menjadi kental dan mengeras. siramkan dua atau tiga kali dengan perlahan dan hati hati. jelly yang meluber aan memberi kesan dramatis seperti di gambar. heheho.

6. tumpuk cake kedua diatas cake yang sudah diapisi jelly coat. siramkan jelly coat diatas cake bertumpuk. tidak perlu menghabiskan seluruh adonan jelly-coat.

voila~ silahkan dinikmati~  

No comments:

Post a Comment