Pages

Thursday, December 24, 2015

Jogja Spot: Kolam Renang UNY

lokasi kolam renang (titik merah)


Baru pindah beberapa bulan di Yogyakarta, hal yang paling utama dalam list pencarian adalah kolam renang. Di kota asal, Malang, olahraga utama saya adalah berenang. Seminggu sekali dan memilih pagi hari pukul 6, saya punya spot-spot renang sendiri yang selain nyaman, aman, dan memberikan harga yang bersahabat. Di Yogyakarta, kolam renang pertama saya adalah Hotel Matahari. Sangat dekat dengan kost, sudah mulai dapat didatangi bahkan dari jam 5 (meski loket buka jam 7) dan nyaman karena berada di dalam hotel. Kamar mandinya juga sangat nyaman. Tapi harga 20.000 masih terlalu berat untuk saya sebagai mahasiswa rantau.

Mencari di google dan mendapatkan rekomendasi dari teman, saya mencoba pergi ke kolam renang milik Universitas Negeri Yogyakarta. Banyak respon positif dari teman-teman, selain harganya yang ramah. Sangat maklum sebuah universitas memiliki sebuah kolam renang, apalagi untuk universitas negeri. Di almamater saya terdahulu, Universitas Negeri Malang, juga memiliki sebuah kolam renang yang disebut sebagai 'kolam renang pendidikan,' dibangun untuk memfasilitasi mahasiswa jurusan kependidikan olahraga. Sayangnya, di Malang kolamnya masih proto-type dan hanya dapat digunakan untuk kegiatan akademik saja. 

Kembali ke kunjungan saya ke kolam UNY, tempat ini cukup dekat dari jalan raya. Bertempat di lingkungan UNY namun tidak perlu masuk ke dalam universitasnya. Tempat parkirnya cukup luas dan dijaga. Untuk motor tarifnya 2000 dan mobil 3000 rupiah. Kami segera ke loket dan mendapati bahwa biayanya hanya 9000 rupiah. Sementara untuk waktu bukanya, pukul 06.00-18.00. Dengan informasi ini, sudah cukup bagi saya untuk berkunjung kesini lagi di waktu paling pagi.

kolam standard. begitu masuk langsung disambut

Masuk ke dalam, langsung terdapat pemandangan kolam luas yang ramai. Saat itu kami datang pukul 9.30. Meski pengunjung ramai, namun kolam masih terasa lengang. Tidak harus bingung mencari ruang ganti, karena begitu masuk, kita sudah disambut oleh ruang ganti di sebelah kanan dan kiri. Kanan untuk pria, kiri untuk wanita. Ruang ganti merupakan bilik-bilik pribadi, bersanding dengan ruang bilas dengan shower berair kencang.

Ternyata ada 3 kolam renang di dalam lokasi. Kolam standard adalah kolam luas yang menyambut kedatangan kita, kedalaman sekitar 1,2 hingga 2,3 meter. Cukup aman untuk bermain disana, banyak yang memilih berada di sini. Saya mencoba berenang 2-3 putaran, dan waw, kaporitnya tinggi sekali. Airnya jernih dan suhunya tidak terlalu dingin, namun kaporitnya membuat mata perih dan tangan saya sampai keriput.

Mencoba hal baru, saya dan teman berpindah ke kolam dalam. Kolam ini tidak terlalu luas dan digunakan untuk lompat indah. Kami menyimpulkan demikian karena ada pijakan tinggi untuk lompat indah di sisi kolam. Warnanya lebih biru dan airnya lebih segar, kalau meurut saya. Kedalamannya tidak saya ketahui, tapi menurut teman saya kemungkinan 4-5 meter, bahkan lebih.

Untuk kolam ketiga, berada di sudut, saya belum mencoba dan melongok lebih lagi karena sudah nyaman dengan kolam yang dalam dan menghabiskan satu jam berenang disana. Saat saya datang, ada kelompok mahasiswa sedang berlatih menyelam dan berenang, namun tidak mengganggu pengunjung. Mereka juga tidak menuntut pengunjung untuk menyingkir.

Saya cukup nyaman berada disini dan pasti akan kembali lagi. Terima kasih untuk Universitas Negeri Yogyakarta, telah menyediakan kolam yang nyaman, aman, dan murah untuk masyarakat Yogyakarta.

kolam dalam-dengan pijakan lompat indah, dan di pojok ada kolam ketiga
 




No comments:

Post a Comment